dewanpendidikan.or.id Diharapkan Jadi Rujukan Pendidik

PERTAMA-TAMA saya ucapkan terima kasih kepada Dewan Pendidikan Kabupaten Bandung atas kepercayaannya menjadikan saya sebagai salah satu pembicara pada Saresehan “Penguatan Komite Sekolah Dalam Pendidikan Karakter” yang diangkat menjadi topik utama di website dewanpendidikan.or.id yang baru dilaunching ini. Topik yang diangkat sangat bagus membahas masalah pendidikan karakter ini. Pada kesempatan tersebut saya menyampaikan dua materi yang pertama mengenai kebijakan pemerintah mengenai pendidikan karakter, dan kedua konten tentang pendidikan keluarga.

Saya menilai pendidikan itu, peletakan batu pertamanya dari keluarga. Kepada para ahli pendidikan saya sering menyampaikan pendidikan karakter itu pendidikan utama dan yang pertama. Namun keluarga belum mendapatkan porsi yang memadai, bahkan ada pemahaman bahwa pendidikan ini seolah-olah tannggung jawab sekolah.

Ayah ibu, atau orang dewasa yang memberikan proses pendidikan pada anak. Tapi substansinya adalah ayah dan ibu, karena orang tua menjadi penanggung jawab anak-anaknya. Sampai rumah, ayah, ibu dan anak asyik dengan handphonenya, interaksi langsung antara orang tua dengan anak meski berkumpul tapi tidak terjadi, karena masing-masing sibuk dengan dirinya sendiri. Komite Sekolah yang merupakan perwakilan para orang tua sebagai supporting, consulting, mediating dan controlling diharapkan bisa memberikan masukan kepada sekolah tentang pendidikan siswa. Komite Sekolah bisa menjadi jembatan komunikasi antara guru dengan orang tua.

Tujuan pendidikan keluarga, menurut Al Qur’an memelihara keluarga dari api neraka (Q.S. At-Tahrim ayat 6). Buat apa orang cantik tapi tidak memperhatikan hal ini. Tujuan kedua adalah beribadah kepada Allah SWT (Q.S. Adz- Dzariyat ayat 56) anak supaya beribadah kepada Alloh SWT. Manusia diciptakan untuk ibadah. Ketiga membentuk akhlak mulia (Q.S. Luqman ayat 12-19). Harus bersyukur, harus menghormati kedua orang tua. Orang tua hukumnya wajib untuk di hormati.

Tentunya dengan adanya website dewanpendidikan.or.id dan Majalah Pendidikan Kabupaten Bandung ‘rawayan’ ini, bisa menambah wawasan bagi para pendidik dan saya berharap majalah ini bisa menjadi rujukan bahan pengayaan ilmu pengetahuan bagi para pendidik dan kependidikan di Kabupaten Bandung.***

Category
Tags
No Tag

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *