Berikan Kontribusi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan

PENDIDIKAN sebagai investasi sumber daya manusia jangka panjang harus diselenggarakan sebagai satu kesatuan yang sistematik, terbuka, demokratis, dan adil melalui proses pembudayaan dan pemberdayaan masyarakat meliputi penyelenggaraan dan pengendalian layanan mutu pendidikan.

Pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, menjunjung tinggi hak azasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, lingkungan dan kemajemukan bangsa yang berlangsung sepanjang hayat. Pendidikan diselenggarkan dengan mengembangkan budaya membaca, menulis dan berhitung bagi segenap warga masyarakat.Pengelolaan pendidikan harus berdasarkan penerapan prinsip-prinsip manajemen pendidikan yang aktual.

Pemerintah Daerah bertanggungjawab atas penyelenggaraan satuan pendidikan mulai jenjang pendidikan usia dini, jenjang pendidikan dasar dan menengah. Pemerintah Daerah juga memfasilitasi terselenggaranya satuan pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi dan pendidikan luar sekolah.

Setiap Warga Negara mempunyai hak dan kedudukan yang sama untuk memperoleh pendidikan sesuai dengan prinsip-prinsip penyelenggaraan pendidikan. Guna mendukung terlaksananya sistem pendidikan yang bermutu, masyarakat berhak dan berkewajiban berpartisipasi dengan kemajuan pendidikan termasuk dukungan sumber daya. Dengan prinsip “Sabilulungan” maka tidak ada pekerjaan yang berat selama semua pemangku kepentingan dalam pendidikan bisa bekerjasama dengan baik, dan semangat yang sama.

Pemerintah Daerah sendiri bertanggung jawab atas penyelenggaraan mulai dari usia dini, pendidikan dasar dan menengah di daerah yang meliputi pengadaan dan pendayagunaan. Sementara masyarakat yang dalam hal ini direpresentasikan oleh Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah juga bertanggung jawab dalam mendorong peningkatan mutu pelayanan pendidikan yang meliputi perencanaan, pengawasan, dan evaluasi program pendidikan, serta pengembangan sarana prasarana.

Dewan pendidikan yang merupakan badan yang membawahi peran serta masyarakat dalam rangka peningkatan mutu, pemerataan dan efisiensi pengelolaan pendidikan daerah punya tugas mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan dan program pendidikan, meningkatkan tanggung jawab dan peran aktif dari seluruh lapisan mayarakat dalam penyelenggaraan pendidikan, menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu.

Mengingat tugas dan fungsinya tersebut, maka hadirnya media informasi pendidikan yang dikelola Dewan Pendidikan Kabupaten Bandung ini sangat perlu untuk menjembatani komunikasi antara pengurus Dewan Pendidikan, para pengurus komite sekolah, para orang tua siswa, para kepala sekolah, dan seluruh pemangku kepentingan bidang pendidikan di Kabupaten Bandung. Terlebih, kepengurusan Dewan Pendidikan Kabupaten Bandung periode sekarang ini banyak diisi oleh mereka yang sangat faham masalah pendidikan, sehingga diharapkan ada transfer ilmu yang terus menerus dan diimplementasikan di tingkat satuan pendidikan, untuk mencapai standar pendidikan yang lebih bermutu di Kabupaten Bandung.

Kami berterima kasih atas kontribusi yang telah diberikan, dan berharap ke depan Dewan Pendidikan Kabupaten Bandung bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung bisa lebih memberikan kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Bandung.***

Category
Tags
No Tag

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *