“Menjadi Orang Tua Hebat”

  • Keluarga adalah tempat lahirnya benih generasi berkarakter
  • Peran orang tua sebagai pendidik terpenting dalam masa tumbuh kembang anak, orang tua adalah mitra sejati bagi pendidik
  • Orang tua sudah saatnya bersama melakukan gerakan perlibatan dalam pendidikan anak di sekolah dan mendukung anak di rumah
  • Mendukung kolaborasi yang aktif dan positf antara orang tua dan sekolah untuk menyukseskan dan menyelaraskan program pendidikan yang dikembangkan sekolah, termasuk pendidikan budi pekerti anak-anak kita
  • Isu aktual dan faktual seputar anak/remaja antara lain kekerasan pada anak/remaja yang sudah masuk kategori darurat
  • Terbatasnya akses dan sumber informasi tentang pendidikan keluarga
  • Negara hadir bagi orang tua di mana saja berada agar dapat memperoleh akses pendidikan keluarga untuk mempersiapkan generasi penerus yang berkarakter, cerdas, dan kreatif
  • “Orang tua adalah pendidik terpenting dalam menentukan bagaimana anak-anak tumbuh berkembang, tetapi seringkali orang tua adalah pendidik yang paling tak tersiapkan. Oleh karena itu kita harus bersiap untuk menjadi orang tua, untuk bisa menjalankan perannya sebagai pendidik” Anies Baswedan.
  • Pendidikan yang harus diberikan oleh orang tua kepada anaknya, tidaklah cukup dengan cara “menyerahkan” anak tersebut kepada suatu lembaga pendidikan.
  • Orang tua haruslah menjadi guru yang terbaik bagi anak-anaknya, tidak hanya
  • mengajarkan pengetahuan (yang harus diketahui) dan menjawab pertanyaan-pertanyaan anaknya.
  • Orang tua juga harus menjadi teladan dan mengajarkan pembiasaan positif orang tua sehingga anak-anak bisa meniru, mengikuti dan menarik pelajaran berharga.
  • Rumahku sekolahku, Suharsono (2001)
  • PERAN ORANG TUA
  • Pengasuh, pendidik utama dan pertama anak
  • Pelindung dan penguasa dalam menegakkan peraturan
  • Pemandu dan pembina dalam meningkatkan keterampilan
  • Konselor dalam mengarahkan moral
  • Pelatih emosional dalam menghadapi segala situasi
  • Penyejuk rasa dan pemberi inspirasi
  • Fungsi ekspresif dalam memenuhi keburuhan emosi dan perkembangan
  • Fungsi instrumenal dalam melakukan manajemen sumber daya keluarga
  • Memelihara kondisi fisik anggota keuarga melalui penyediaan pangan, pakaian, tempat berteduh
  • Melakukan sosialisasi kepada anak, agar setelah mencapai usia dewasa mampu berperan sebaik-baiknya di dalam dan di luar lingkungan keluarga
  • Memelihara aturan-aturan
  • Memproduksi barang dan jasa rumah tangga
  • Menciptakan lingkungan yang mendorong belajar
  • Memanusiakan manusia          

(Sinergi Keluarga dan Sekolah, Herien Puspitadewi dan Ma’mun Sarma, 2012)

  • PERAN ORANG TUA DI SEKOLAH
  • Terlibat dalam pembelajaran anak
  • Menjalin Komunikasi yang Efektif dengan Sekolah
  • Terlibat dalam penyusunan Program Sekolah
  • Menjalin komunikasi dengan guru untuk mengetahui kemajuan anak dan kejadian-                     
  • Kejadian khusus yang terjadi
  • Berpartsipasi dalam kegiatan sekolah yang memerlukan keterlibatan orang tua
  • Menyukseskan program pembelajaran di sekolah
  • Mengevaluasi proses pembelajaran di sekolah

                      (Penulis, Bendahara Dewan Pendidikan Kabupaten Bandung)

Category
Tags
No Tag

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *